mengolah alpukat untuk menurunkan kolesterol

mengolah alpukat untuk menurunkan kolesterol – Buah alpukat ternyata mampu digunakan sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi sebagai cara menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Akan tetapi, masih banyak orang yang berpendapat bahwa buah alpukat mengandung lemak. Memang secara fakta buah alpukat mengandung banyak lemak. Namun, lemak ini merupakan lemak tidak jenuh dan terlebih terdapat banyak khasiat alpukat terhadap kolesterol. Untuk Anda penyuka buah alpukat, berikut ini adalah beberapa cara mengolah alpukat untuk menurunkan kolesterol. Simak!

mengolah alpukat untuk menurunkan kolesterol

Alpukat dan Manfaatnya untuk Kolesterol

Ada banyak cara untuk menurunkan kolesterol, yakni dapat melakukan olahraga untuk penderita kolesterol atau pun mengonsumsi makanan sehat seperti buah untuk penyakit kolesterol. Salah satu buah yang dikategorikan baik untuk menurunkan kadar kolesterol serta menghindarkan tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi adalah buah alpukat. Buah alpukat populer sebagai makanan sehat karena memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tidak hanya baik untuk dunia kesehatan, tetapi juga dunia kecantikan.

Sebuah penelitian dilakukan dimana sampel didapat berdasarkan responden yang mengonsumsi alpukat setiap hari dan responden yang tidak mengonsumsi alpukat. Hasil menunjukkan bahwa responden yang mengonsumsi alpukat rutin setiap harinya memiliki tingkat kolesterol jahat yang lebih rendah dibandingkan dengan responden yang tidak mengonsumsi. Dimana, kadar LDL setelah menggunakan alpukat berkurang sekitar 13.5 poin, sedangkan yang tidak menggunakan alpukat hanya berkisar 8.3 poin. Baca kadar ldl normal untuk mengetahui lebih lanjut hasil perbedaan dari percobaan tersebut.

Berbagai macam penelitian lain pun telah dilakukan, dimana hasil membuktikan bahwa buah alpukat dapat membantu mencegah timbulnya penyakit akibat kelebihan kolesterol seperti stroke, jantung koroner, serta dapat membantu mengontrol diabetes. Disamping manfaatnya yang berlimpah, pengonsumsian alpukat juga harus dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan buah alpukat umumnya mengandung sekitar 200-300 kalori, dimana nilai tersebut cukup besar dikategori buah-buahan. Jika mengonsumsi buah alpukat terlalu banyak, maka dapat meningkatkan berat badan Anda secara signifikan.

Untuk mengonsumsi buah alpukat, terdapat dua cara mengolah alpukat untuk menurunkan kolesterol. Caranya cukup mudah dan sederhana, yakni :

Mengonsumsi buah langsung

Buah alpukat dapat dikonsumsi secara langsung tanpa mengubahnya atau menambahkan dengan bahan-bahan lain seperti yogurt dan semacamnya. Buah alpukat sangat hebat, karena walaupun diolah dalam berbagai macam cara ternyata tidak akan mengurangi nilai-nilai kandungan yang terdapat di dalam buah tersebut. Sangat hebat bukan? Pastikan Anda membersihkan buah alpukat terlebih dahulu sebelum hendak dimakan. Buatlah wkatu-waktu tertentu untuk mengonsumsi alpukat supaya masih dalam kadar dan takaran yang sesuai dan tidak berlebihan. Karena sesuatu hal yang dilakukan secara berlebihan, tidaklah baik bagi kesehatan tubuh kita.

Membuat jus alpukat

Cara selanjutnya adalah dengan mengunakan alpukat menjadi jus untuk penderita kolesterol. Jus alpukat dapat pula dikombinasikan dengan beberapa buah lainnya. Berikut ini adalah dua buah resep yang dapat Anda gunakan untuk pembuatan jus alpukat, simak!

Jus Alpukat & Daun Salam

Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya adalah :

  1. Satu buah alpukat dengan ukuran sedang
  2. Lima lembar daun salam
  3. Madu (cukup 1 sdm)
  4. Potongan es batu

Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama-tama, cuci bersih semua bahan yang akan digunakan untuk membuat jus. Seletah selesai, Anda dapat merebus daun salam yang masih dalam keadaan segar dengan menggunakan tambahan satu gelas air putih. Setelah rebusan air selesai, ambil sekitar 100 ml air daun salam tersebut.
  2. Setelah selesai, campurkan alpukat yang sudah di potong-potong, rebusan air daun salam, madu serta es batu ke dalam blender yang telah disediakan. Haluskan sampai merata.
  3. Ketika semuanya sudah benar-benar tercampur merata, matikan blender. Jus alpukat dengan kombinasi daun salam pun siap disantap!

Jus Alpukat & Belimbing

Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya adalah :

  1. Dua buah alpukat ukuran sedang
  2. Satu buah belimbing manis
  3. Es serut (secukupnya saja)

Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

  1. Setelah semua bahan selesai dibersihkan, langkah selanjutnya adalah mengambil buah sari belimbing. Caranya adalah dapat menggunakan mesin juicer (juice extractor) atau pula dengan menggunakan blender yang dicampur dengan sedikit air. Ingatlah bahwa hanya air belimbing yang diperlukan. Oleh karena itu, selesai di blender, air disaring terlebih dahulu.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan alpukat ke dalam blender. Jangan lupa tambahkan sari buah belimbing ke dalamnya.
  3. Blender semua bahan sampai halus dan merata. Setelah selesai, jus alpukat siap disantap dengan menggunakan penabahan es serut agar jus menjadi lebih segar.

Bagaimana? Mudah bukan cara mengolah alpukat untuk menjaga kadar kolesterol normal. Terdapat banyak cara dan inovasi yang dapat dilakukan, semuanya bergantung terhapa pilihan bahan atau buah yang ingin dikombinasikan. Dalam proses penurunan kolesterol menggunakan jus alpukat, terdapat dua pendekatan yakni serat larut air dan serat tidak larut air. Dengan menggunakan jus alpukat serat larut air, dimana dapat berperan untuk mengikat asam empedu yang dapat mengemulsikan lemak serta kolesterol yang terdapat di dalam saluran cerna Anda. Kemudian, lemak dibuang bersama dengan feses. Demikianlah, semoga bermanfaat!