Makanan untuk Meningkatkan HDL

Makanan untuk Meningkatkan HDL – Ketika mendengar kata kolesterol, mungkin hal pertama yang terbesit dalam pikiran Anda adalah penyakit jantung atau stroke bukan? Padahal fungsi kolesterol dalam tubuh berperan untuk membangun sel-sel baru yang menyokong tubuh agar tetap berfungsi secara normal. Kolesterol juga membantu tubuh kita memproduksi vitamin D dan sejumlah hormon lainnya sebagai pencerna lemak tubuh. Kolesterol yang buruk adalah jika kadar kolesterol di dalam tubuh sudah berlebihan dan melebihi batas kadar normal.
Makanan untuk Meningkatkan HDL

Penggabungan kolesterol dengan protein di dalam tubuh kita biasa disebut dengan lipoprotein. Dalam lipoprotein sendiri terbagi menjadi dua jenis yang dikenal dengan LDL dan HDL. LDL atau low desity lipoprotein biasa dikenal dengan kolesterol jahat yang memiliki kepadatan rendah. Sedangkan HDL atau high density lipoprotein merupakan kolesterol baik yang memiliki tingkat kepadatan tinggi.  HDL di dalam tubuh dapat berperan sebagai penurun resiko penyakit jantung koroner dengan cara menghilangkan kolesterol LDL yang melekat pada dinding arteri dan kemudian dikirimkan ke hati untuk diproses. Dengan kata lain, HDL memiliki peranan yang penting didalam tubuh kita. Oleh karena itu, cara meningkatkan HDL dan menurunkan LDL di dalam tubuh sangatlah penting. Namun bagaimana caranya? Salah satu cara sederhana yang dapat Anda lakukan adalah melalui pola makan. Berikut ini adalah daftar makanan untuk meningkatkan HDL yang perlu Anda konsumsi. Simak!

  1. Makanan kaya niasin

Mengonsumsi makanan yang kaya akan niasin atau yang dikenal dengan vitamin B terbukti dapat cara meningkatkan kolesterol HDL pada tubuh.  Namun penggunaan suplemen niasin harus dalam pengawasan dokter supaya lebih terkendali. Makanan yang kaya niasin akan Anda temukan pada gandum, sereal, kacang, susu dan sebagainya.

  1. Serat laut

Dengan mengonsumsi dua porsi makanan yang memiliki kandungan serat laut juga dapat dinilai ampuh untuk meningkatkan kolesterol HDL. Selain itu, serat laut juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda di dalam tubuh. Anda juga dapat membaca menu non kolesterol yang baik dikonsumsi.

  1. Minyak goreng

Minyak goreng yang mampun meningkatkan kadar HDL ini adalah minyak goreng lemak tak jenuh seperti minyak canola dan minyak zaitun. Meskipun tergolong bukan sumber makanan langsung, namun khasiat minyak zaitun untuk kolesterol adalah memiliki lemak baik yang baik untuk tubuh Anda. Minyak zaitun juga dapat disajikan dengan salad serta tambahan pada tumisan dan sup.

  1. Produk kedelai

Rutin mengonsumsi produk kedelai seperti tahu atau tempe setidaknya dua kali sehari dapat meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh Anda secara signifikan. Sebab produk kedelai memiliki kandungan serat laut serta isoflavon, dimana isoflavon dapat bertindak sebagai hormon pertumbuhan yang secara alami dapat membantu meningkatkan HDL serta murunkan kadar LDL di dalam tubuh.

  1. Bawang merah

Bawang merah termasuk salah satu bumbu dapur yang sering kali digunakan untuk membuat berbagai macam hidangan. Selain digoreng, ternyata bawang merah yang masih mentah juga memiliki banyak kandungan manfaat. Salah satunya adalah untuk meningkatkan HDL. Untuk memakannya, Anda dapat menggunakan campuran salad atau telur dadar.

  1. Alkohol

Memang minuman alkohol bisa memunculkan kecanduan serta jika mengonsumsi secara berlebihan dapat memicu timbulnya penyakit jantung dan yang lainnya. Namun meminum alkohol dengan kadar yang rendah seperti 1-2 gelas dalam satu hari ternya dapat juga meningkatkan HDL.

  1. Telur

Telur memang dikenal memiliki kolesterol yang tinggi. Namun siapa yang menyangkan justru telur dapat menjadi salah satu makanan untuk meningkatkan HDL. Sebab telur mengandung lemak baik yang sangat baik untuk tubuh kita. Namun memakan telur harus dalam takaran yang terkontrol supaya tidak berlebihan.

  1. Tanaman biji dan polong

Jenis tanaman berupa kacang hitam, kacang merah, lentil dan sebagai memiliki kandungan lemak larut yang di dalamnya terdapat asam folat. Asam ini sangat baik untuk pembuluh darah jantung. Keunggulan lainnya tanaman ini dapat diolah menjadi beragam makanan tanpa menghilangkan nutrisinya secara signifikan.

  1. Gandum

Tidak berbeda dengan jenis makanan biji-bijian, gandum merupakan makanan yang sangat kaya terhadap lemak larut yang baik untuk tubuh.

  1. Ikan berlemak

Ikan yang memiliki tekstur daging yang padat serta kaya omega 3, ini sangat baik menghasilkan HDL dalam tubuh. Jenis ikan yang dimaksud bisa berupa ikan salmon, makarel, tuna dan juga sarden.

  1. Biji chia dan flaxseed

Kedua jenis makanan ini biasa dikonsumsi oleh vegetarian yang memproduksi omega 3. Bukan rahasia lagi kalau memang terdapat banyak manfaat omega 3 untuk kolesterol. Penyajian biji chia dapat digabungkan dengan berbagai jenis makanan yang lainnya, namun untuk flaxseed sebaiknya Anda mengonsumsi secara terpisah.

  1. Buah kaya serat

Buah sangat baik terhadap kesehatan, salah satunya adalah untuk kolesterol. Contohnya adalah buah-buah prune, apel dan pir yang seratnya baik untuk meningkatkan kadar HDL serta menurunkan kadar LDL. Anda juga dapat mencoba banyak buah untuk penyakit kolesterol lainnya.

Itulah daftar makanan untuk meningkatkan KDL yang dapat Anda gunakan. Selamat mencoba!