khasiat nanas untuk kolesterol

khasiat nanas untuk kolesterol
khasiat nanas untuk kolesterol – Nanas sering disebut jenis tumbuhan tropis yang biasa tumbuh di negara Bolivia, Paraguay, dan Brasil. Buah yang memiliki nama latin Ananas Comosus dan bagian dari famili bromeliaceae ini memiliki aroma yang tajam dan sangat khas. Rasanya membuat penikmatnya ingin mengkonsumsinya lagi dan lagi dengan adanya campuran manis dan asam. Selain itu rasanya juga dapat membuat rasa segar karena mengandung air yang cukup tinggi. Buah nanas termasuk ke dalam satu buah bersisik yang jika dikonsumsi akan mendapatkan kandungan enzim yang dikenal dengan nama bromelain dan juga mampu memecahkan kandungan lemak yang terdapat di dalam tubuh. Jika anda salah satu penderita kolesterol yang ingin memanfaatkan salah satu buah untuk penderita kolesterol dapat memilih buah nanas sebagai alternatif yang dapat dikonsumsi.
khasiat nanas untuk kolesterol

Bagi para penderita kolesterol, buah nanas ini dapat disajikan dalam berbagai hidangan sehingga ketika dikonsumsi tidak bosan. Sebuah kisah menarik yang dialami oleh penderita kolesterol saat mengkonsumsi buah berwarna kuning ini. Biasanya kadar kolesterol di dalam tubuhnya tergolong tinggi dan ia sudah banyak mencoba banyak cara seperti olahraga untuk penderita kolesteroljus untuk penderita kolesterol, dan obat kimia lainnya namun belum terlalu ampuh. Sehingga ia memutuskan memilih buah nanas untuk dikonsumsi secara rutin sehingga pada suatu waktu, angka kolesterolnya menurun dari yang awalnya 300 mg/dL menjadi hanya 150 hingga 199 mg/dL saja. Hal ini dilakukan karena banyak individu atau kelompok kesehatan yang menyarankan untuk konsumsi nanas secara rutin karena data empiris banyak yang mengatakan kolesterol mampu diturunkan oleh buah ini.

Khasiat Nanas untuk Kolesterol Tinggi

Selain menurunkan kolesterol, anda sebagai penderita harus menjaga pola makan dan hidup agar kolesterol dapat terkontrol sehingga kadar kolesterol jahat tidak tinggi. Dengan begitu kolesterol HDL normal atau kolesterol baik juga dapat meningkat kadarnya. Ahli gizi dari IPB menyatakan bahwa buah nanas dapat menjadi cleaner atau pembersih tubuh karena memiliki enzim Bromelain yang berguna untuk memecah lemak dan membersihkan metabolisme yang terjadi pada lemak-lemak jahat.

Setelah rutin mengkonsumsi buah nanas, jauhkan makanan seperti sea food, junk food, minuman beralkohol, serta minuman bersoda lainnya. Selain manfaat yang sudah disebutkan, enzim ini dapat mengurangi tekanan darah, mencuci timbunan protein yang ada di dinding usus, serta meningkatkan imunitas pada tubuh, dan anti radang.

Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Dalam Buah Nanas

Buah nanas sebagai salah satu buah untuk penyakit kolesterol sangat kaya akan kandungan vitamin A dan C yang kegunaannya itu sebagai antioksidan. Kandungan lainnya ada magnesium, thiamin, zat besi, mangan, fosfor, natrium, kalium, kalsium, enzim bromelain, dan juga gula buah (sukrosa). Untuk kandungan enzim protase ini mampu berfungsi sebagai pemecah protein yang terlalu banyak. Selain itu, karena nanas merupakan buah maka tak ragu lagi jika anda sangat membutuhkan kandungan serat hanya dapat tercukupi dari buah nanas sehingga kebutuhan tubuh akan serat dapat terpenuhi. Lebih rincinya berikut ini kandungan gizi yang ada pada buah nanas:

  • Energi 52 kal
  • Protein 0,4 gram
  • Fosfor 11 mg
  • Zat besi 0,3 mg
  • Lemak 0,2 gram
  • Vitamin A 130 IU
  • Serat 0,4 gram
  • Kalsium 26 mg
  • Vitamin C 24 mg
  • Karbohidrat 13,7 gram
  • Vitamin B1 0,08 mg
  • Air 84,3 gram

Cara Mengolah Nanas Untuk Menurunkan Kolesterol

Buah nanas memang berbeda dari buah lainnya. Berikut cara mengolah buah nanas:

  • Langkah awal saat ingin membuka buah nanas harus terlebih dahulu dengan memotong bagian atasnya.
  • Potong buah nanas dengan mengikuti telusuran kulit nanas dengan cara pemotongan menyamping.
  • Cara lainnya dapat anda lakukan dengan memotong silinder terlebih dahulu baru kemudian dibersihkan kulitnya.
  • Setelah kulit nanas terkupas, permukaan nanas akan terlihat tidak rata. Anda tidak harus memotong menjadi rata karena memang buah nanas wajar dengan bentuk pemotongan tidak rata.

Selain dengan cara dikonsumsi secara langsung dari potongan buahnya, khasiat nanas untuk kolesterol tinggi juga bisa didapatkan dengan disajikan dalam bentuk jus yang segar. Untuk makanan berat seperti rujak, manisan, dan keripik sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita kolesterol karena sudah diolah dengan bahan masakan lain yang sudah mengurangi kadar nutrisi dan vitaminnya.

Penyebab kolesterol tinggi selain makanan juga dipengaruhi oleh rokok, alkohol dan kurang melakukan aktivitas fisik. Maka dari itu jaga gaya hidup Anda agar tetap sehat sehingga kadar kolesterol tetap stabil. Semoga bermanfaat.