khasiat alpukat untuk kolesterol

Penurun kolesterol alami yang enak
khasiat alpukat untuk kolesterol – Alpukat sebagai salah satu buah untuk penyakit kolesterol memang sering disalah artikan akan kandungan lemak yang dimilikinya. Pada dasarnya buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dipercaya memiliki manfaat untuk kolesterol karena dapat menyehatkan tubuh dan sangat baik untuk kesehatan. Seperti yang diketahui dari ahli diet, Lori Zanini menyatakan bahwa alpukat mengandung lemak sehat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sendiri lemak baik yang ada di dalam tubuh.
khasiat alpukat untuk kolesterol

Kesalahannya ada pada bagaimana individu tersebut mengolah buah ini menjadi jus atau minuman lainnya. Biasanya orang Indonesia saat mengolah jus menambahkan item lain seperti susu kental, gula, dan pemanis lainnya bahkan makanan coklat. Maka solusinya untuk mendapatkan kandungan kolesterol baik pada buah alpukat bisa dikonsumsi tanpa penambahan apapun karena bisa berguna untuk mengurangi penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat serta mencegah penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi lainnya.

Berikut ini kandungan buah alpukat untuk kesehatan dan menurunkan kolesterol:

  1. Vitamin K: Buah alpukat salah satu buah yang dapat melancarkan pembekuan darah normal dan mengobati tulang yanglemah karena kandungan vitamin C di dalamnya. Untuk hasil yang bisa benar anda rasakan harus dikonsumsi secara rutin dalam kadar tertentu.
  2. Vitamin C: Vitamin C diketahui memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki sel yang rusak dan membebaskan tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh anda bisa dengan cara konsumsi buah alpukat.
  3. Vitamin E: Bagi anda yang mengkonsumsi buah alpukat yang mengandung vitamin E dapat membuat sel darah merah yang baru. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit serta sebagai pencegah penuaan dini.
  4. Vitamin B6: Selain untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, kandungan vitamin E di dalam buah alpukat mampu menjaga fungsi kekebalan tubuh untuk lebih sehat, meningkatkan fungsi saraf, dan pembentukan sel darah merah.
  5. Folat: Asam folat ini sangat baik apabila dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu pembentukan otak dan tukang belakang janin nantinya karena sedang berkembang. Saat ibu hamil mengalami anemia pun sangat bagus jika mengkonsumsi alpukat.
  6. Magnesium: Untuk meningkatkan fungsi saraf, otak,mengatur gula darah, produksi energi yang baik dan menjaga kesehatan tulang anda harus mengkonsumsi buah alpukat yang mengandung kaya magnesium. Penderita migrain juga disarankan untuk banyak mengkonsumsi alpukat sebagai penyembuhan terhadap rasa sakit kepala sebelah.
  7. Kalium: Kalium mengandung senyawa elektrolit yang berguna untuk menjaga keseimbangan cairan normal yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kalium dapat melancarkan fungsi otot dan saraf serta peningkatan terhadap fungsi jantung yang diharapkan tetap berjalan normal.
  8. Serat: Fungsi serat dapat sebagai menurunkan kolesterol, meningkatkan nafsu makan, menstabilkan gula darah, dan menjaga tubuh agar tetap normal jumlah kadar lemaknya.
  9. Lutein: Untuk menjaga kesehatan mata, kandungan antioksidan dalam lutein bisa anda konsumsi dari buah alpukat.

Dengan berbagai macam kandungan gizi dan vitamin di atas, berarti anda tidak harus ragu lagi dalam konsumsi buah alpukat.

Khasiat Alpukat untuk Kolesterol pada Tubuh

Untuk melihat manfaat dan pengaruh dari buah alpukat terhadap kolesterol ini sudah dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian dari sampel 45 pria dan wanita yang mengalami obesitas dalam deretan usia 21-70 tahun. Kategori proses diet mereka terbagi ke dalam 3 jenis yaitu diet lemak sedang tanpa alpukat, diet rendah lemak tanpa alpukat, dan diet lemak sedang dengan makan satu buah alpukat per hari. Hasil yang lebih signifikan ternyata dengan cara diet lemak sedang dan makan alpukat setiap hari lebih baik karena kadar kolesterol jahatnya berkurang dibandingkan dengan proses diet lemak sedang tanpa alpukat. Kolesterol LDL normal mereka berkurang sebanyak 13,5 setelah melakukan proses diet ini.

Kadar kolesterol normal yang ingin anda ketahui haruslah dilakukan dengan cara cek kadar kolesterol. tidak hanya itu, penelitian lainnya sudah banyak yang membuktikan bahwa manfaat buah alpukat memang terbukti memberikan hasil untuk menurunkan kolesterol. Penyakit lainnya seperti jantung koroner, stroke, dan diabetes juga mampu dicegah dengan mengkonsumsi alpukat dalam jumlah tertentu dan tidak berlebihan. Alpukat mengandung 200-300 kalori dalam porsi 1 buah ukuran besar. Bagi yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi bisa mencoba konsumsi alpukat dalam porsi yang tepat agar hasilnya sesuai dan lebih maksimal.

Tips Mengkonsumsi Buah Alpukat agar Tidak Kolesterol Tinggi

Untuk mendapatkan khasiat alpukat untuk kolesterol, cara penyajiannyalah yang harus diperhatikan. Selama ini individu membuat alpukat dalam sajian jus dengan tambahan susu, coklat, mises, dan bahan lainnya yang membuat kadar lemak dalam alpukat menjadi semakin banyak dan komplit. Maka untuk antisipasinya coba anda perhatikan tips konsumsi buah alpukat agar tidak kolesterol tinggi bisa dengan membuat jus untuk penderita kolesterol.

Siapkan bahan ini jika anda ingin mengolahnya untuk porsi dua orang:

  • 100 gram buah alpukat
  • 170 gram buah apel (jika anda ingin mencampurnya)
  • Boleh tambahkan es batu
  • Blender

Langkahnya anda bisa olah dengan cara:

  • Potong buah apel dan kerok buah alpukat
  • Campurkan dengan tambahan air di dalam mesin blender
  • Blender hingga halus dan dirasa cukup

Sajikan di dalam gelas dengan menambahkan es batu agar mendapatkan sensasi minum jus sehat dan maksimalkan dengan olahraga untuk penderita kolesterol, seperti jogging, jalan pagi, bersepeda, dll.